Kamis, 07 April 2011

KENAPA NYAMUK SUKA DARAH MANUSIA?


Kayaknya kamu semua pernah digigit atau dikerubutin nyamuk. Biarpun udah disemprot sama obat nyamuk tapi tetep aja serangga yang satu ini terus mengganggu manusia. Kenapa ya nyamuk suka banget ngisep darah kita? Pertanyaan itu coba dijawab sama pakar kimia ekologi dari Amrik, Walter Lear.
Walter Lear mencoba meneliti apakah manusia menghasilkan semacam bau yang mengundang perhatian nyamuk. Walter dan para koleganya nemuin zat yang mereka cari, yaitu Nonanal, zat yang dihasilkan manusia dan burung-burung yang mengeluarkan aroma yang mengundang nyamuk datang.


Awalnya ia ngelakuin percobaan sama dirinya sendiri. Rekannya menempelkan alat seperti suntikan pada kulitnya, lalu dibungkus dengan aluminium foil supaya terisolasi. Setelah didiamkan selama sejam, ujung suntikan itu dimasukkan sebuah alat untuk mengukur kadar Nonanal. “Ternyata tubuhku menghasilkan cukup banyak (Nonanal) per-jam. Itu termasuk tinggi.” Ujar Lear.

Sekarang Lear baru tau kalo inilah alasan kenapa ia tetap dihinggapi nyamuk meski sudah melakukan langkah-langkah pencegahan. “Aku pernah menyemprot cairan anti nyamuk dimana-mana termasuk di rambutku. Dan waktu pagi aku baru nyadar kalo nyamuk-nyamuk itu menggigit menembus kaos kakiku yang sebenarnya cukup tebal,” terangnya. Kata Walter lagi nyamuk bisa menggigit menembus celana jins yang tebal, selama mereka tau dibaliknya ada pembuluh darah. Hmmm,,,berarti mesti ada istilah baru nech, ada Manusia ada Nyamuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar