Jumat, 01 April 2011

Virus komputer yang bermutasi – Rontokbro.N

Melanjuti tulisan sebelumnya tentang virus brontok, ternyata ada beberapa yang melaporkan bahwa utility yang ada tidak bisa dipakai. Bahkan sewaktu masuk ke safe mode, ternyata virus juga tidak bisa dibersihkan.

Setelah mencari informasi, ternyata terdapat satu varian dari virus ini, yaitu Rontokbro.N. Saktinya virus ini, walaupun masuk safe mode, ternyata virus ini tetap aktif. (seperti sudah termutasi saja :P )
Untuk itu, berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan untuk memulai pembersihan virus adalah masuk ke safe mode dalam modus command prompt, lalu menghentikan virus yang sedang aktif. Dengan cara berikut :
  1. Restart komputer dan masuk dalam mode “safe mode with command prompt”, dengan cara menekan tombol [F8] ketika komputer restart, hal ini dimaksudkan agar virus Rontokbro tidak aktif pada posisi ”safe mode” dan komputer tidak melakukan restart selama proses pembersihan.
  2. Setelah masuk mode ”Command Prompt” tekan tombol [CTRL] + [ALT] + [Del] secara bersamaan, kemudian pilih [Task Manager], setelah layar Task Manager muncul, klik menu [File] pilih [New Task (Run..), kemudian ketik [explorer] pada jendela [create new task file] setelah itu klik enter.
Kemudian akan muncul layar desktop (layaknya masuk ke mode “safe mode”)
Setelah itu bersihkan mempergunakan antivirus (jangan lupa DIUPDATE !!!!). Salah satu cara membersihkannya bisa dilihat disitus vaksin.com.
Bagi rekan-rekan yang mempunyai Antivirus yang mampu mendeteksi/membersihkan virus ini,
tolong komentarkan versi Antivirus yang dipakai. Sehingga bisa membantu yang lainnya.
Saat ini yg dilaporkan sukses mendeteksi dan membersihkan adalah Norman.
Download saja versi trialnya (30 hari), jangan lupa berikan email valid untuk mendapatkan test-code untuk 30 hari.
(NB : saya tidak ada hubungan apa-apa dengan norman).
Semoga membantu.
Technorati Tags : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar