Senin, 21 Maret 2011

makhluk laut mematikan, tapi bukan hiu ??? apa yaa ..

Banyak orang bertualang ke laut, baik itu berenang dipantai maupun menikmati scuba dive. Banyak dari mereka biasa berfikir Hiu-lah hewan yang harus paling ditakuti. Bagaimanapun, ini tidaklah benar. Banyak hewan lain yang bisa membunuhmu selain hiu..! Dibawah ini adalah daftar hewan-hewan yang bisa membunuhmu dengan sukses tanpa kau sadari..!!

- Kita mulai dengan hewan yang paling berbahaya, walaupun paling imut diantara yang lain. Disebut sebagai gurita cincin biru. Gurita kecil ini berukuran hanya sebesar bola golf dan berat 10 ons. Tapi jangan biarkan ukuran membodohimu. Gurita cincin biru mempunyai racun didalam tubuhnya yang cukup untuk membunuh 26 orang dewasa dalam waktu 1 menit!

Gurita cincin biru ditemukan di karang-karang dan lautan dangkal disekitar Australia dan Jepang. Normalnya berwarna Coklat pucat atau kuning. tapi ketika dikejar atau terancam, berubah warna menjadi kuning terang dengan cincin-cincin biru ditubuh. Hidupnya dimulai dengan hanya seukuran laba2 kecil dan hanya hidup sampai 2 tahun saja.

Masalah timbul karena gurita ini hidup dilingkungan dimana manusia suka melakukan penyelaman eksplorasi. Celakanya, binatang ini pemalu sekali. 
Hewan ini tidak agresif dan hanya menyerang kalau tersentuh, terancam, atau terinjak. Sumber racun ada di ludahnya. Gigitannya tidak sakit. Bagaimanapun, gigitan ini menyuntikkan racun yang melumpuhkan seluruh otot. Venom yang mengandung maculotoxin. Maculotoxin ini racun terkuat yang pernah dihasilkan makhluk hidup diseluruh planet ini!! Racun akan menyebabkan kelumpuhan seluruh oto, termasuk otot saraf dan otot jantung.

karena gigitannya tidak sakit, seseorang tidak akan menyadari bahwa dirinya telah digigit. Gejalanya seseorang mengalami pusing. Korban akan mengalami pandangan kabur dan dalam sekejap menjadi buta. Tidak dapat merasakan sentuhan, berbicara, dan menelan. Dalam 3 menit, seluruh otot tubuh korban tidak berfungsi dan otot-otot dari alat pernafasan berhenti.

Belum ditemukan penawar racun dari racun gigitan Gurita Cincin Biru ini.
Kalau tergigit, penting untuk segera mendapatkan pertolongan karena kematian dapat terjadi dalam hitungan menit. CPR atau pernafasan bantuan harus segera dilakukan. Pijat Rangsang Jantung dan alat pembantu pernafasan harus segera diberikan kepada korban dalam jangka waktu 24 jam bahkan lebih selama racun masih bekerja dalam sistem darah sang korban. Setelah efek racunnya berakhir, tidak akan ada efek samping lebih lanjut.

- Ubur-ubur kotak. Makhluk ini hidup di Australia, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, and Vietnam. Tubuhnya kotak Seukuran bola basket dengan tentakel sepanjang 3 meter.

Setiap tentakel memiliki cell penyengat yang dinamakan nematocysts. Ada sekitar 3 Juta nematocysts terkadnung dalam setiap centi tentakel. Jika tentakel menyentuh anda, nematocysts langsung menyengat anda. Karena ada jutaan nematocyts di setiap centi tentakel, anda akan tersengat sampai jutaan kali.

Sengatannya akan menimbulkan sakit sangat. Gejala lain: Sakit kepala, Dehidrasi, diare, dan kulit terkelupas. Gejala lebih lanjut sulit bernafas dan menelan bersamaan dengan detak jantung yang tidak beraturan. Korban dapat mati dalam beberapa menit akibat gagal jantung. Jika tersengat Ubur-ubur kotak, penawar racun perlu segera diberikan.

- Selanjutnya adalah Siput Cone. Siput Cone adalah Siput Laut yang ditemukan di lingkungan karang sekitar Australia dan Indo Pasifik.

siput cone makhluk malam dan tidak ingin melukai manusia. tapi, karena kecantikan cangkangnya, manusia biasa mengambil makhluk ini. INI AMAT SANGAT BERBAHAYA!!! Siput Cone memiliki tanduk tajam seperti gigi yang digunakan untuk menyuntik racun..

Racunnya adalah neurotoxin yang kuat. Setiap ekor Siput Cone mengandung racun yang mampu membunuh 700 orang! Gejala dimulai dengan, kehilangan kesadaran, lalu kesulitan bernafas, dan berhenti bernafas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar