Sabtu, 26 Maret 2011

Newss

Elizabeth Taylor Meninggal Dunia di Usia 79 Tahun

Aktris legendaris Elizabeth Taylor yang pernah meraih dua piala Oscar meninggal dunia pada Rabu 23 Maret 2011 di Los Angeles. Bintang film yang dilahirkan di Hampstead, London, Inggris pada 27 Februari 1932 ini meninggal dunia setelah sempat dirawat intensif selama enam minggu terakhir.

Dilansir Reuters (23/3), Liz Taylor, begitu dirinya akrab dikenal, meninggal dunia setelah mengalami gagal jantung.  Salah satu bintang terbesar abad 20 itu menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit Cedars Sinai dengan ditemani keempat anaknya.

Selama tujuh dekade berkarir, Liz telah berhasil mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi. Salah satunya adalah dua piala Oscar yang diraihnya pada tahun 1960 lewat film Butterfield 8 dan film Who's Afraid of Virginia Woolf pada 1966. Bahkan saat usinya baru menginjak 12 tahun dirinya pernah mendapatkan lima nominasi lewat film National Velvet di tahun 1944.

“Ibu saya adalah wanita yang luar biasa yang akan abadi selamanya. Meskipun kami sangat kehilangan dia, tapi kami akan selalu terinspirasi oleh kontribusinya yang besar pada dunia,” ujar sang anak, Michael Wilding dalam sebuah pernyataan.

Liz Taylor memang memiliki riwayat penyakit yang cukup serius. Pada tahun 2004 dirinya menderita gagal jantung kongestif. Di tahun 2009 ia menjalani pembedahan jantung untuk mengganti katup yang bocor. Pada Februari 2011 gejala baru yang terkait gagal jantung kongestif menyebabkan dirinya menjadi pasien tetap rumah sakit Cedars Sinai.

Pemeran Cleopatra (1963) ini bahkan harus hidup diatas kursi roda selama lima tahun terakhir. Liz terakhir muncul di depan publik saat menghadiri pemakaman sahabatnya Michael Jackson. Pada bulan Mei 2000, dirinya  menerima gelar 'dame', yang sejajar dengan titel ksatria, dari Ratu Elizabeth.

Ucapan duka cita juga datang dari salah satu sahabatnya Elton John, “Kami baru saja kehilangan bintang terbesar Hollywood, tapi yang lebih penting lagi, kita telah kehilangan manusia yang luar biasa,” ungkap Elton John.

Awal karirnya di dunia film dimulai saat dirinya membintangi film There's One Born Every Minute di tahun 1942. Liz terakhir berakting di layar lebar saat bermain di film keluarga The Flintstones pada 1994.

Selama hidupnya, Liz Taylor telah menikah sebanyak 8 kali dengan 7 kali perceraian. Liz meninggalkan 4 orang anak, 10 orang cucu dan 4 cicit. Selamat Jalan ElizabethTaylor. (deri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar