Kamis, 31 Maret 2011

Novel Outrageous-glam girls

Novelnya sendiri kayaknya semacam serial gitu. Tokoh2nya dibikin beberapa yg muncul juga di novel lain dengan seri sama, “The Glam Girls”. Novel yang gua baca, yang judulnya “Outrageous”.
Menurut gua pribadi nih, novel ini cocoknya buat anak2 ABG labil remaja gitu deh. Huhuhuuu.. too much this and that. Oke lah, mungkin maksud penulisnya, ini novel mau cerita soal anak2 yang sekolahnya di International School yang super tajir dan punya segalanya. Tapi bego.
Gaya bahasanya, cinta laura abies lah. Campur aduk antara indonesia sama inggris. Jadi berasa dengerin si Cinta Laura ngomong. Yuck!! gua sih, ga nge-fans. Tapi penulisnya mungkin ngefans, becoz dia sempet mention nama Cinta Laura di dalam novelnya. Maybe maksudnya semacam cameo or whatever lah. Aku ga tau.
Please deh.
Trus, mungkin maksudnya, mau bikin karakter yang hip, super keren, dan melek fashion. Tapi aduh, gimana ya, kan ga semua pembaca ngerti kayak apa sih barang yang dimaksud. Oke lah, beberapa merk emang ngetop bgt dan ga mungkin orang ga tau. Tapi terlalu detil deh gua rasa. Gua juga jadi susah buat berimajinasi pada karakter yg mau dibentuk sama penulisnya.
Tokoh sentralnya, namanya Mindy Minillo. Cewek pindahan dari Oregon yang bersekolah di Sekolah Internasional di Jakarta. Jadi ceritanya, si Mindy ini dulu waktu di Oregon itu pernah ikutan kontes ratu2an dan punya gelar Miss Oregon. Dulu, waktu di Oregon, dia ini termasuk cewek ngetop di sekolahnya. Begitu pindah ke Indonesia, dia nih (kl gua rasa ya) jadi agak2 culture shock gitu. Ya gitu lah, trus nyeritain perjuangan dia untuk bisa fit in gaul di sekolahnya yang baru.
Tapi kok ya … gimana ngomongnya ya. Meskipun gua ngerti sih, anak2 Int’l School itu angkuhnya kyk apa. Mungkin ga semua, tapi ada beberapa yang angkuh. (Well, di tiap sekolah pasti ada type anak2 tajir yang pamer kekayaan di sekolah.. iya kan). Cuman, kl diceritainnya segitu detail, gua jadi pusing bacanya. Udah gitu terlalu banyak tokoh tambahan yang sebenernya cuman selewat, tapi diceritaiinnya lumayan detail. Jadi gimana ya … ya itu lah, terlalu banyak gimmicknya. Jadi ga asik lagi. Kesan glam nya jadi ga bisa gua tangkep. Well, ga tau ya kalo sama pembaca2 yg umurnya mudaan ketimbang gua. Hahahahahhaa!!
Tapi, sorry to say, si Mindy ini jadinya berkesan bodoh dan stupid ga sih. I mean, komentar2 yg dia bikin tuh, ergh… dangkal jadinya. Kelakuan dia trus cara ini itunya. Argh! bikin frustasi deh. Penulisnya dengan repot ngejelasin kalo Mindy pake outfit apa, trus temennya tampilannya gimana. Outfitnya merk apa. Bla bla bla blaaa…
My God.
Novel 2 hari abis, tapi banyak kalimat yg gua skip bacanya.
Man. Maksudnya apa sih, nulis novel kyk gitu… Karakter tokohnya mau dibikin kyk apa sih…. Apa emang sengaja dibikin bagaikan si tajir yang bodoh. Gitu? Anak remaja labil yang sok tau dan sok bijak. Gitu?
Ya emang sih, waktu remaja juga gua suka sok tau, sok kuat, sok bijak dan ribet.
Udah gitu ada tokoh Divi yang ga jelas fungsinya apa. Cuman buat pelarian si Mindy doang, yg akhirnya juga Divi tampak bodoh, dangkal dan playboy darat yang bilang, “I just wanna be your friends, that’s all. Be someone meaningful to both of you”. Man! please lah..
Terserah aja sih … hohohhohoo.. cuman bagi gua sih, ini novel cuman ngabisin duit gua doang. Nyesel gua belinya. eh, ga nyesel2 amat sih. Mayan lah, buat bahan ketawa pas lagi ga ada kerjaan di kantor 2 hari ini. Hahay..
Kl dipikir2 lagi, novel ini emang nyeritain kehidupan sosial di sekolah internasional. Mungkin bukan tampilan terbaiknya ya, secara yg gua tangkep kok jadi kesannya hanya sekumpulan anak2 tajir yg kurang bersyukur dan cuman mikirin fashion. Meskipun endingnya cukup okelah dgn twist yang gua ga nyangka bakal kayak gitu. meskipun agak ga real pas nyeritain kejadian gempa di Jepang yang dialamin ama si Mindy itu.
So, anyway. Gua emang ga bisa nulis novel kayak novel ini. Kualitas tulisan gua juga cukup diragukan. Ya ga papa juga sih kalo penulisnya emang sengaja bikin tokohnya kyk gitu, novelnya gaya berceritanya seperti itu. Bebas aja. Toh Gagas Media mau nyetak dan nerbitin bukunya. Jadi dari segi penjualan, novel ini berarti kan ada nilai jualnya.
Cuman aja, no, not my favorite… That’s all.
Ayo, siapa udah baca? What d’ya think ??

6 komentar:

  1. sebenernya it novel bagus
    elo aja yang ga tau meaningnya apa
    justru bagus ngejelasin detail fashion bisa nambah wawasan , jangan nge judge orang

    BalasHapus
  2. justru gue suka bgt sama all of glam girls series. sampe gue puterin toko buku satu jakarta tapi engga nemu lg buat series impossible sama magnificent nya. ini novel bagus bgt. penulis maksudnya mau bikin kita 'sadar' fashion dan didalemnya juga diceritain persahabatan yang salut bgt gue bacanya.jadi, jangan cuma bisa nilai dari satu sisi aja! terus yang soal gempa, jgn lo nilai real atau ga nya. tapi lo liat gmn perjuangan mereka buat tetep hidup dan disitu mereka ngga egois. mikir lagi ya mbak kalo ngasih tanggepan!

    BalasHapus
  3. yaahh biarpun mba nanggepinnya sebegitu buruk,tp lumayan bikin mba penasaran kn buat baca ampe ending??
    novel ini punya crita yg ga gampang buat d tebak endingnya,ga bergaya sinetron yg endingnya uda bisa d tebak dr awal,
    contohnya dari tokoh Divi,yg mungkin awalnya kita pikir dia emg deket sama Mindy dan benci juga sama Tara,tp ternyata bikin kita kaget,dengan kenyataan yg ternyata dia deket sama dua2nya.
    menurut saya penulisnya punya imajinasi yg bener2 pantes d acungin jempol.
    sang penulis nulis detail2 dr fasionnya pasti ada tujuan tertentu.
    dan menurut saya,itu ga ngebosenin.
    sorry IMO.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Kayaknya harus ada yg 'dibetulin' deh dengan cara ngritik mbak yg satu ini. Kok kesannya lebih ke 'merendahkan' ya daripada 'mengkritik'? Menurut saya novel Outrageous bagus. Dan gaya bahasanya juga sesuai. Kan temanya memang high socialize ada di International School pula, aneh dong kalo bahasanya dibuat too Indonesian, atau terlalu baku dan mengikuti tata bahasa indonesia, kaku dan nggak hidup, dan tentunya nggak singkron sama kehidupan sosial di dalem Voltaire International School yang kebanyakan muridnya bukan asli Indonesia, minimal blasteran lah. Btw, novelnya masih memberi amanat baik. Disamping itu, halaman belakang ngasih 'majalah' yang artikelnya berupa tips-tips yang berguna loh! Lain kali, kalo beli novel baca sedikit dulu isinya, buat apa gunanya toko buku nyediain sample yang udah kebuka? Dari pada uang kebuang lagi. Right?

    BalasHapus
  6. dari komentar penulisnya, gue cuma setuju satu kata "no, not my favorite..That's all.."

    BalasHapus